Margonda Raya KM 2 - Jalan Kedondong Kemirimuka - Beji Depok
+62 857 164 000 51

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SEKOLAH/ISLAM 2022

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SEKOLAH/ISLAM 2022

SMA Putra Bangsa kembali menggelar kegiatan akbar berupa pelatihan karakter dalam “Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah/Islam” pada 9-10 September 2022. Bertempat di Panorama Pangrango Camp, Bogor, kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas X sejumlah 189 orang. Adapun dari pihak panitia adalah panitia guru, OSIS, dan eksternal. Tamu undangan berasal dari pihak Yayasan Nasa Professional School yaitu Bapak Hj. Ade Kurnia, M.Sos dan Bapak Hj. Mahjudin, M.Pd yang juga berperan sebagai narasumber acara dengan topik “Kepemimpinan ala Rasulullah SAW”.

Pelaksanaan pendidikan karakter pada tahun ini mengusung tema nasionalisme dan religius yang dijadikan dalam satu kegiatan yang padu selama 30 jam ke depan. Adapun muatan-muatan materi yang disampaikan antara lain:

  1. Pembiasaan ibadah wajib dan sunnah
  2. Kedisiplinan diri
  3. Upacara pembukaan dan penutupan
  4. Muhasabah
  5. Malam bina iman dan takwa
  6. Tadarus Al Quran
  7. Materi studi Islam
  8. Refleksi malam
  9. Malam akrab berupa penampilan kreasi seni
  10. Bakti Sosial kepada warga sekitar
  11. Pemilihan peserta putra, putri, dan kelompok terbaik

Acara dimulai dengan keberangkatan sebanyak 7 tronton menuju lokasi. Sesampainya di lokasi, upacara pembukaan dilaksanakan dengan tertib dengan diberikan penyematan peserta didik sebanyak dua orang. Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan games dan shalat Jumat. Kegiatan materi dilakukan sesuai rundown hingga malam hari berupa kegiatan-kegiatan yang ternyata lebih banyak dilaksanakan secara indoor (di aula) dikarenakan kondisi cuaca hujan yang terus mengguyur area PPC.

Kegiatan ini juga melibatkan pihak eksternal dari pihak kepolisian sebanyak tiga orang untuk membantu jalannya pendisiplinan peserta didik. Beberapa temuan selama LDK/I ditertibkan di tempat dan dilakukan pembinaan kepada wali kelas setibanya di sekolah. Secara garis besar, kegiatan ini berjalan sesuai rencana.

Pada akhir kegiatan, sebanyak 60 paket baksos berupa kebutuhan pokok harian didistribusikan kepada warga sekitar. Berikut adalah lampiran foto-foto kegiatan selama LDK/I. Semoga apa yang dicita-citakan dapat terimplementasi dengan baik pada kehidupan nyata di sekolah. Tabik! (Brillian E.P., S.Pd)