Margonda Raya KM 2 - Jalan Kedondong Kemirimuka - Beji Depok
+62 857 164 000 51

SEMARAK SENADA 77 SMA PUTRA BANGSA

SEMARAK SENADA 77 SMA PUTRA BANGSA

SMA Putra Bangsa News_OSIS SMA Putra Bangsa Depok mengadakan kegiatan tahunan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 dengan nama kegiatan “SENADA” (Semangat Nasionalis Pemuda). Dalam kegiatan yang bertemakan ‘Semangat Pemuda dalam Menjaga Keutuhan Persatuan Bangsa’ untuk membangun semangat nasionalis para generasi muda. Kegiatan ini diselenggarakan dalam dua hari, yaitu pada tanggal 12 dan 15 Agustus 2022. Di SMA putra Bangsa.

Pada kegiatan SENADA ini banyak diselenggarakan perlombaan yang bukan hanya semata-mata untuk seru-seruan namun juga membangun kemampuan dan karakter siswa/i. Pesertanya adalah seluruh siswa/i SMA Putra Bangsa. Adapun lomba yang diikuti oleh para dewan guru dan staff yaitu lomba Tarik tambang, Mini soccer, Memasak, Estafet Balon, Cerdas Cermat, Story Telling, dan Keindahan Lingkungan Kelas. Kegiatan ini pun melibatkan guru-guru sebagai juri lomba. Berikut adalah paparan dan dokumentasi kegiatan:

  • Di lomba Tarik tambang, peserta terdiri dari 3 orang siswa, dan 3 orang siswi per-kelasnya. Permainan ini menggunakan sistem point, di mana tim yang lebih dulu mendapatkan 2 point makan tim tersebut dapat lanjut ke babak selanjutnya.
  • Pada lomba Mini soccer, setiap kelas mengirim satu tim yang terdiri dari 7 orang, dengan 2 orang sebagai cadangan. Peserta diwajibkan menggunakan sarung dan telanjang kaki dengan pakaian atas berupa kaos.
  • Selanjutnya di lomba memasak, setiap kelas mengirim 2 orang sebagai perwakilan kelas. Setiap kelas harus membuat makanan atau minuman sesuai daerah masing-maisng yang sudah diundi sebelumnya pada Technical Meeting.
  • Pada lomba estafet balon, pesertanya terdiri dari 5 orang siswi. Cara bermain estafet balon ini adalah setiap kelompok membuat barisan satu banjar, kemudian mengoper balon berisi air ke teman di belakang hingga ke orang terakhir dan dikumpulkan ke dalam ember. Kelompok yang memiliki balon terbanyak di dalam waktu cepat adalah pemenangnya.
  • Lomba cerdas cermat terdiri dari 2 orang perwakilan setiap kelasnya sebagai satu tim. Dan dilakukan dalam dua babak yaitu babak penyisihan, dan babak final.
  • Perlombaan story telling, diikuti oleh individu perwakilan setiap kelas. Story telling menggunakan Bahasa inggris dengan tema cerita yang sudah ditentukan, yaitu kepahlawanan.
  • Terakhir lomba keindahan lingkungan kelas. Lomba ini wajib diikuti oleh seluruh kelas. Setiap kelas diberi waktu untuk memperindah interior maupun eskterior kelas, dan dinilai pada hari ke-2 kegiatan SENADA. Pemenang merupaka kelas yang memenuhi syarat dan kriteria lomba keindahan lingkungan kelas.

Diharapkan kegiatan SENADA ini dapat menggugah semangat nasionalis pemuda khususnya siswa siswi SMA Putra Bangsa.***

Tim Liputan OSIS SMA Putra Bangsa (Umi Dwi Fitriani dkk.)