Margonda Raya KM 2 - Jalan Kedondong Kemirimuka - Beji Depok
+62 857 164 000 51

Diskripsi Kurikulum

KURIKULUM

SMA PUTRA BANGSA DEPOK

Nurhasan, S.Ag., M.Pd.

LANDASAN FILOSOFI :

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3

VISI SEKOLAH:

Terwujudnya Insan yang berkarakter, berprestasi, berbudaya dan berwawasan lingkungan berlandaskan Iman dan Taqwa”.

Indikator Ketercapaian Visi:

1. Berkarakter

   a. Terbentuknya sikap peduli, toleransi dan saling menghargai

   b. Memiliki mental positif, percaya diri, rela berkorban dan gigih dalam mencapai cita-cita

   c. Berkepribadian baik, santun dan humanism dalam bergaul

2. Berprestasi

a. Meningkatnya hasl ujian semester, ujian sekolah dan Assesment Kompetensi Minimal (AKM)

   b. Meningkatnya perolehan prestasi akademik dan non akademik

   c. Meningkatnya lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi

3. Berbudaya

a. Terwujudnya apresiasi seni dan budaya sebagai ajang pengembangan minat dan bakat peserta didik

b. Terlaksananya budaya literasi, jujur, disiplin dan mematuhi norma sekolah

   c. Terwujudnya menghargai prestasi dan punishmaent

4. Berwawasan Lingkungan

   a. Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman

   b. Terwujudnya lingkungan sekolah sebagai sumber pembelajaran

   c. Tumbuhnya inisiatif warga sekolah terhadap penghijauan lingkungan

   d. Terwujudnya  lingkungan sekolah yang kondusif dan nyaman

STRATEGI PENCAPAIAN :

1. Sistem Penjaminan Mutu Internal pada asfek akademik, SMA Putra Bangsa berupaya melakukan terobosan-terobosan program.

 Terobosan yang dianggap cukup inovatif adalah penetapan program kerja KTSP SMA Putra Bangsa dengan muatan terpadu berupa penambahan kompetensi unggulan seperti, Baca Tulis Qur’an, Tahsin dan Tahfizh, Desain Komunikasi Visual, dan English Conversation.

2. Melaksanakan pembelajaran berbasis karakter dengan mengintegrasikan nilai-nilai budi pekerti

3. Membudayakan disiplin, toleransi, saling menghargai, percaya diri agar terbentuk sikap santun dan budi pekerti luhur

4. Menumbuh kembangkan semangat kebangsaan yang berakar pada nilai-nilai budaya bangsa dan mengikuti perkembangan informasi dan teknologi di era globalisasi

5. Meningkatkan pembinaan peserta didik dalam meraih prestasi akademik dan non akademik ditingkat kota dan provinsi

6. Meningkatkan pembinaan dalam prolehan nilai ujian semester, ujian sekolah dan Assesment Kompetensi Minimal (AKM)

7. Meningkatkan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang lebih focus pada ekskul Beladiri, Story Telling, Basket, Futsal, Seni Lukis tiga dimensi, Olympiade Matematika dan Teknologi terapan

8. Menumbuh kembangkan budaya kreasi, Motivasi berprestasi dan bermental juara

9. Menumbuh kembangkan sikap peduli dan peka terhadap lingkungan

10. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, asri, ramah, kondusif dan nyaman

PROGRAM PRIORITAS SMA PUTRA BANGSA

1. Penyusunan dokumen KTSP dan Kurikulum Terpadu

Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu dilakukan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum muatan Terpadu di SMA Putra Bangsa. Usaha-usaha yang harus dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut :

1. Menyusun Tim Pengembang Kurikulum

2. Menyusun sebaran jam pelajaran

3. Menyusun Kalender pendidikan

4. Menyusun Struktur Kurikulum

5. Menyusun dan mengembangkan silabus

6. Menyusun dan mengambangkan RPP

7. Menyusun KKM mata pelajaran

8. Menyusun Buku Analisis Konteks

9. Menyusun Buku KTSP dan Kurikulum Terpadu

10. Mengesahkan Buku KTSP

2. Peningkatan Hasil Belajar (Ujian Sekolah dan AKM)

Target yang ingin dicapai sekolah dalam peningkatan hasil belajar adalah peningkatan hasil US dan AKM dengan rata-rata nilai 70  di tahun pelajaran 2020/2021. Upaya peningkatan hasil belajar ini dilakukan dengan melakukan kegiatan :

1. Pemyusuna Draft dokumen program lulus US dan AKM

2. Sosialisasi program kepada Tim Managemen untuk mendapatkan masukan  

3. Revisi Program kerja setelah mendapatkan masukan Tim Manajemen

4. Pengesahan Program kerja.

5. Sosialisasi Program kepada seluruh komponen SMA Putra Bangsa

6. Membuat laporan keterlaksanaan Program yang akan diserahkan kepada Kepala Sekolah di akhir tahun ajaran

3. Peningkatan Lulusan pada Pada Perguruan Tinggi Negeri

Berdasarkan data evaluasi Tahun Pelajaran 2019/2020 lulusan SMA Putra Bangsa terserap di PTN sebesar 12.84% dari 148 Pesertadidik, maka pada tanun pembelajaran 2020/2021 sekolah berusaha mentargetkan daya serap lulusan diterima PTN sebesar 25% dari 137 Peserta didik.  Usaha-usaha yang harus dilakukan adalah…

1. Menyusun pemetaan peringkat kelas 1 – 15 setiap kelas

2. Membentuk team work pengawalan data dan nilai peserta didik

3. Berkoordinasi dengan para wali kelas melalui rapat

4. Melakukan sosialisasi kepada peserta didik dan orang tua kelas XII

5. Menginput nilai nilai sesuai waktu yang ditentukan melalui Dapodik/PDSS

6. Mengecek nilai oleh masing-masing peserta didik yang diusulkan

7. Melengkapi berkas-berkas yang menjadi persyaratan paniitia SNBMPTN

4. Menjuarai Olympiade Sains tingkat Kota

Prestasi akademik salah satunya adalah kemampuan kognitif pada mata pelajaran tertentu yang sering dilakukan uji kemampuan secara kompetitif.

Upaya yang harus dilakukan untuk mencapai  target tersebut adalah….

1. Menyusun program olympiade

2. Melakukan rekrutmen kepesertaan

3. Memberikan bimbingan pendalaman materi

4. Mengadakan olypiade internal

5. Mengikutsertakan peserta olypiade setiap ada event plympiade

6. Melakukan evaluasi dan analisa serta tindak lanjut setiap event kegiatan      

5. Peningkatan Kompetensi BTQ. Tahfidz, English Conversation dan DKV

Kurikulum muatan lokal terpadu dijadikan icon unggulan  program di SMA Putra Bangsa yang merupakan bagian dari tuntutan kebutuhan masyarakat. Kompetensi tersebut terutama  religi (BTQ  dan Tahfidz)  menjadi hal yang fundamental yang harus tertanam dalam setiap peribadi peserta didik sebagai benteng dari pengaruh-pengaruh negative.

Upaya yang dapat dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut :       

1. Menyusun silabus yang mencerminkan kebutuhan masyarakat (tantangan) masa mendatang

2. Menetapkan standar penilaian  berdasarkan acuan PAK Penioaian Acuan Kriteria)

3. Mengadakan kerja sama dengan pihak eksternal dalam pengujian kompetensi

4. Melakukan pembinaan kepada peserta didik yang kompetensi masih rendah

5. Mengadakan uji kompetensi sesuai agenda kerja

LANGKAH PENCAPAIAN PROGRAM PRIORITAS

Upaya mencapai program-program skala prioritas diperlukan rumusan strategi pencapaian. Adapun strategi tersebut adalah :

1. Penyelenggaraan kegiatan berdasarkan Standar Opersional Prosedur SOP

2. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam memanfaatkan perkembangan IPTEK

3. Melengkapi sarana dan prasarana pendukung pembelajaran yang memadari dan berbasis IT

4. Melakukan Pembinaan intensif terhadap kompetensi muatan terpadu dan implementasi kegiatan 7K

5. Melakuan Evaluasi, Analisis dan Tindak lanjut setiap selesai melaksanakan kegiatan terkait program yang dilaksanaka