Margonda Raya KM 2 - Jalan Kedondong Kemirimuka - Beji Depok
+62 857 164 000 51

SMA PUTRA BANGSA KEMBALI MENGGELAR UJIAN KARYA TULIS TAHUN AJARAN 2023/2024

SMA PUTRA BANGSA KEMBALI MENGGELAR UJIAN KARYA TULIS TAHUN AJARAN 2023/2024

SMA Putra Bangsa News-SMA Putra Bangsa kembali menggelar Ujian Karya Tulis pada tanggal 16-17 Januari 2024. Kegiatan ini sesuai dengan rencana yang tertuang dalam Kalender Pendidikan SMA Putra Bangsa Tahun Ajaran 2023/2024. Ujian karya tulis kali ini diikuti oleh 149 peserta didik, yang terdiri dari 86 peserta didik program MIPA, dan 63 peserta didik program IPS. 

Program karya tulis bertujuan untuk mengantarkan peserta didik mencapai kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi, serta dalam rangka mempersiapkan diri dalam pembiasaan menulis ilmiah pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi (perguruan tinggi) . 

Teknis pelaksanaan ujian karya tulis dilakukan dengan cara peserta dibagi ke dalam sebelas kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 13-15 orang. Pada saat ujian, peserta laki-laki memakai baju batik dan celana panjang hitam, dan peserta prempuan memakai baju batik dan rok panjang hitam.

Penilaian ujian karya tulis ini melihat pada dua apek, yaitu aspek penulisan dan aspek presentasi. Aspek penulisan, meliputi : sistematika penulisan, kaidah dan tata bahasa, alasan memilih judul, rumusan masalah, dan cara pengumpulan data. Sedangkan dari aspek  presentasi, meliputi : sikap mental dan performance, Keterampilan dalam menyusun dan menggunakan Power Point , dan penguasaan materi.

Para penguji menemukan beberapa hal yang perlu diperbaiki, baik dari aspek isi atau pembahasan karya tulis maupun teknik penulisan. Oleh karena itu peserta diberikan kesempatan satu pekan untuk melakukan revisi. Setelah revisi selesai dilakukan, maka dokumen hasil karya tulis segera dijilid sesuai ketentuan.

Semoga dengan dilaksanakannya ujian karya tulis ini bisa menjadi sebuah budaya ilmiah yang bisa terus dikembangkan di SMA Putra Bangsa Depok, dan menjadi bekal awal bagi para peserta didik jika kedepannya mereka menjadi mahasiswa.***