Margonda Raya KM 2 - Jalan Kedondong Kemirimuka - Beji Depok
+62 857 164 000 51

ASMARABASA 2022

ASMARABASA 2022

OSIS SMA Putra Bangsa kembali menunjukkan semangat dan kreativitasnya dengan menggelar kegiatan ASMARABASA 2022 dalam rangka memperingati Bulan Bahasa di SMA Putra Bangsa Depok, Senin (31/10/2022). Bulan Bahasa merupakan salah satu agenda tahunan SMA Putra Bangsa yang diselenggarakan setiap bulan Oktober sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda.

ASMARABASA merupakan acara yang dilaksanakan dengan digelarnya berbagai kegiatan perlombaan yang diikuti oleh seluruh siswa/i SMA Putra Bangsa, dan melibatkan dewan guru sebagai juri. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari penuh tanpa ada kegiatan belajar mengajar (KBM). Lomba-lomba yang digelar, antara lain lomba cipta dan baca Puisi, lomba Debat, lomba Essay, lomba Infografis, dan lomba Poster Digital.

Acara yang berlangsung di ruangan-ruangan dalam lingkungan sekolah SMA Putra Bangsa itu, dibuka di lapangan sekolah setelah pelaksanaan Upacara Bendera. Pembukaan diisi dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana, Raditya Perdana dan Kepala Sekolah SMA Putra Bangsa, Bpk. Karyono, S.E.

Mengusung tema “Cinta Bahasa, Cinta Budaya”, kegiatan ASMARABASA ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta generasi bangsa khususnya siswa/i SMA Putra Bangsa terhadap bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia dan budaya Indonesia di era globalisasi saat ini.

Dalam pelaksanaannya, lomba-lomba dimulai dengan serentak di ruangan yang berbeda-beda. Pada lomba cipta dan baca Puisi, dilaksanakan di Masjid SMA Putra Bangsa, dan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap penulisan dan pembuatan naskah Puisi, dan tahap pembacaan naskah Puisi. 

Pada lomba Debat, dilaksanakan di ruangan Aula SMA Putra Bangsa. Setiap kelas mengirim satu tim yang terdiri dari tiga orang sebagai peserta lomba Debat. Mosi babak penyisihan yaitu Penggunaan bahasa asing dalam berkomunikasi sehari-hari menunjukkan kurangnya rasa cinta tanah air Indonesia. Dalam lomba Debat ini menggunakan sistem Asia Parliamentary (Sistem perdebatan yang mempertemukan dua tim dengan standing position (kedudukan posisi) yang berbeda yakni Tim Pro dan Tim Kontra).

Di lomba Essay, dilaksanakan di ruangan Lab Komputer SMA Putra Bangsa. Setiap kelas mengirim satu perwakilan kelas sebagai peserta lomba Essay. Waktu pengerjaan selama 120 menit. Judul essay bebas namun harus sesuai dengan tema yang ditentukan.

Selanjutnya lomba Infografis. Lomba ini diikuti oleh seluruh kelas dan dilaksanakan di kelas masing-masing. Peserta lomba diwajibkan membuat infografis yang berisikan biografi serta peran pahlawan dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang telah diundi sebelumnya pada Technical Meeting.

Terakhir lomba Poster Digital. Lomba ini dilaksanakan di Lab Komputer SMA Putra Bangsa. Peserta membuat poster pada saat lomba berlangsung dengan durasi waktu 90 menit. Karya dibuat menggunakan komputer yang telah disediakan dengan format ukuran kertas A4.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman dan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba-lomba kegiatan ASMARABASA 2022. Melalui kegiatan ASMARABASA 2022 ini, diharapkan siswa/i SMA Putra Bangsa mampu melestarikan, meningkatkan rasa cinta bahasa dan budaya, serta mengembangkan potensi yang ada dalam diri siswa/i di bidang bahasa, sastra, dan budaya.

Tim liputan:
1.  Siti Rahmawati    2.      Umi Dwi Fitriyani 3.      Raihanah Afifah
Lomba Debat Bulan Bahasa
Pembukaan acara dan lomba puisi