Margonda Raya KM 2 - Jalan Kedondong Kemirimuka - Beji Depok
+62 8571 64000 51

Penilaian Akhir Tahun Sesion Dua di Masa Pandemi

Terwujudnya Insan yang berkarakter, berprestasi , berbudaya dan berwawasan lingkungan berlandaskan Iman dan Takwa

Penilaian Akhir Tahun Sesion Dua di Masa Pandemi

Ropiyadi ALBA
https://www.kompasiana.com/ropiyadi19360

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Cakupan penilaian pada PAT meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan Kompetensi Dasar (KD) pada semester genap.  Hasil Penilaian Akhir Tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik, yang kemudian hasilnya dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor. 

Di masa pandemi saat ini PAT secara langsung (berbasis kertas) tidak mungkin untuk dilaksanakan karena terdapat peraturan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  Meskipun demikian PAT harus tetap dijalankan sebagai salah satu pertimbangan pada saat kenaikan kelas nantinya. Pelaksanaan PAT pada dua tahun terakhir masih bersifat online, di mana para peserta dapat mengerjakannya di rumah atau tempat-tempat yang memiliki fasilitas jaringan internet. 

Pelaksanaan PAT tidak lepas dari tujuan pendidikan secara umum, maupun tujuan dari penilaian itu sendiri.  Tujuan pendidikan secara umum kemudian dijabarkan kedalam visi dan misi sebuah satuan pendidikan, yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM). 

SMA Putra Bangsa Depok sebagai salah satu satuan pendidikan yang cukup memiliki pengalaman dalam membentuk insan-insan yang berkarakter dengan mengusung sebuah visi “Terwujudnya Insan yang berkarakter, berprestasi , berbudaya dan berwawasan lingkungan berlandaskan Iman dan Takwa”, berusaha untuk terus tampil sebagai satuan pendidikan yang mampu menciptakan lulusannya agar dapat hidup bersaing menghadapi tuntutan global pada era revolusi industri 4.0 saat ini. 

Pada akhir semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ini, SMA Putra Bangsa Depok melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk siswa kelas X dan kelas XI. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 07 Juni  2021 dan berakhir pada tanggal 16 Juni 2021. Pelaksanaan PAT Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara daring dengan menggunakan plat form google form untuk kelas X, dan menggunakan aplikasi ujian milik sekolah untuk kelas XI. 

Kegiatan ini hanya diikuti oleh dua jenjang, yaitu kelas X dan XI. Tiap –tiap jenjang terdiri dari dua jurusan yaitu MIPA dan IPS. Kelas X terdiri dari 213 orang siswa dan kelas XI terdiri dari 174 siswa, total keseluruhan peserta adalah 387 orang siswa. 

Foto Peserta sebelum PAT dimulai, pemeriksaan kehadiran dan kerapihan seragam oleh wali kelas XI IPS 1

Pelaksanaan PAT secara daring ini sengaja dilakukan karena masih berada pada masa pandemi covid-19. Sementara untuk PAT bentuk tes praktik diadakan secara tatap muka langsung ke sekolah, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19  selama pelaksanaan ujian, seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan teratur. 

Foto Peserta sebelum PAT dimulai, pemeriksaan kehadiran dan kerapihan seragam oleh wali kelas X IPS 3
Foto para peserta sedang mengerjakan soal PAT dari rumah masing-masing

Semoga pelaksanaan PAT di sesion kedua pada masa pandemi ini tidak menghilangkan makna dan tujuan dari penilaian itu sendiri yaitu untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik serta memberikan umpan balik (Feed Back) kepada pendidik guna untuk memperbaiki proses belajar mengajar. InsyaAllah.***