Margonda Raya KM 2 - Jalan Kedondong Kemirimuka - Beji Depok
+62 8571 64000 51

Persiapan Pelaksanaan PKKS di SMA Putra Bangsa Depok

Terwujudnya Insan yang berkarakter, berprestasi , berbudaya dan berwawasan lingkungan berlandaskan Iman dan Takwa

Persiapan Pelaksanaan PKKS di SMA Putra Bangsa Depok

Ropiyadi ALBA

Ropiyadi ALBA 

Persiapan Pelaksanaan PKKS di SMA Putra Bangsa Depok
Jadwal PKKS SMA Swasta di Depok

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dilaksanakan secara rutin satu kali dalam setahun. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada awal semester genap, oleh pengawas pembina atas nama Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi.Kegiatan PKKS dilakukan guna mengukur kemampuan atau kompetensi dari jabatan seorang kepala sekolah di suatu satuan pendidikan. Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, PKKS di SMA Putra Bangsa Depok dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Januari 2020. 

Ada 6 (enam) aspek kompetensi yang menjadi fokus penilaian pada PKKS yaitu :

  • Kompetensi Kepribadian dan Sosial
  • Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran
  • Kompetensi Pengembangan Sekolah
  • Kompetensi Manajemen Sumberdaya
  • Kompetensi Kewirausahaan
  • Kompetensi Supervisi Pembelajaran

Setiap aspek kompetensi memiliki beberapa indikator dan setiap indikator memerlukan bukti fisik yang harus dipersiapkan dan dipenuhi oleh setiap sekolah yang akan melaksanakan PKKS. Untuk pelaksanakaan PKKS di SMA Putra Bangsa, Kepala Sekolah-Bapak Karyono,S.E- telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang penetapan penanggung jawab pada setiap aspek kompetensi. Untuk aspek kompetensi Kepribadian dan Sosial berada di bawah tanggung jawab Ropiyadi,S.Pd dan Puri Retno Mutia,S. Pd. Aspek Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran berada di bawah tanggung jawab Nurhasan,S.Ag,.M.Pd, dan Sona Rizkiya Sutaryono,S.Pd. Aspek kompetensi Pengembangan sekolah  berada di bawah tanggung jawab Karyono,S.E dan Eka Sulastarih,A.Md. Aspek kompetensi Manajemen Sumber Daya  berada di bawah tanggung jawab Lina Hery Astuti,S.Pd dan SEvi Er Irawaty,S.E. Aspek kompetensi Kewirausahaan  berada di bawah tanggung jawab Agustin Mulyati,S.Pd dan Mursiyati,S.Pd. Aspek kompetensi Supervisi Pembelajaran berada di bawah tanggung jawab Sri Lestari,S.Pd dan Mohammad Abdul Naser,S.PdI. 

Para Penanggung Jawab tiap kompetensi bertanggung jawab dalam menyiapkan seluruh bukti fisik yang berada di ranahnya masing-masing. Para penanggungjawab melakukan koordinasi tidak hanya bersama rekannya dalam satu aspek kompetensi, namun mereka juga melakukan koordinasi lintas penanggungjawab dan pada bidang-bidang lain termasuk Tenaga Administrasi Sekolah atau Tata Usaha.

Selain persiapan administrasi dan pemenuhan bukti fisik, tim sukses PKKS SMA Putra Bangsa juga mempersiapkan teknis penyambutan tim asesor -yang merupakan pengawas pembina atas nama Kantor Cabang Dinas (KCD) Provinsi Jawa Barat Wilayah II- yaitu Dra. Hj Nia Aniawaty Haesin,M.MPd dan Drs. Anwar Rusmin,M.Si. Dalam menyambut kedatangan tim asesor , tim sukses PKKS SMA Putra Bangsa melibatkan anggota ambalan Pramuka di bawah asuhan Sevi ER Irawaty,S.E, anggota tim Hadroh di bawah asuhan Mohammad Abdul Naser,S.PdI, dan tim tari tradisional di bawah asuhan Eka Sulastarih,A.Md. 

Semoga pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMA Putra Bangsa tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta dapat mempertahankan predikat yang memuaskan seperti tahun sebelumnya. Aamiin ya Robbal ‘alamiin.

Referensi :

1. Blogspot

2. Megaluh

HALAMAN :

  1. 1
  2. 2